Categories: Surabaya

KAI Pastikan Jalur Mesigit-Surabaya Pasar Turi Aman Dilintasi dan Berikan Kompensasi 100 Persen Pasca KA Barang Anjlok

METROTODAY, SURABAYA – Anjloknya tiga rangkaian KA Barang Aksa Cargo (KA 2519) di jalur JPL 4 petak jalan Mesigit – Surabaya Pasar Turi pada Rabu (19/11) menyebabkan sejumlah perjalanan kereta api jarak jauh maupun commuter mengalami keterlambatan.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan bahwa gangguan ini berdampak pada keterlambatan beberapa perjalanan KA yang melintas menuju atau dari Stasiun Surabaya Pasar Turi.

“Imbas adanya anjlokan kereta barang tersebut, KAI Daop 8 Surabaya melakukan sejumlah penyesuaian operasional pada beberapa perjalanan KA. Kami memohon maaf kepada seluruh penumpang atas keterlambatan yang terjadi dan memastikan upaya percepatan normalisasi jalur terus dilakukan secara maksimal,” ujar Luqman.

Beberapa KA penumpang yang mengalami keterlambatan antara lain KA Jayabaya (Pasar Senen–Malang) yang terlambat 102 menit, KA Mutiara Timur (Surabaya Pasar Turi–Ketapang) terlambat 76 menit, dan KA Commuter Line Jenggala (Indro–Mojokerto) terlambat 64 menit.

KAI Daop 8 Surabaya memberikan kompensasi sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 63 Tahun 2019. Pelanggan yang terdampak keterlambatan tinggi dapat membatalkan tiket dan mendapatkan pengembalian 100 persen di loket stasiun.

“Seluruh personel KAI saat ini bekerja maksimal untuk menormalisasi kondisi jalur dan mempercepat pemulihan perjalanan kereta,” kata Luqman.

Pada Rabu (19/11) malam, Luqman mengumumkan bahwa seluruh perjalanan Kereta Api (KA) di wilayah Daop 8 telah kembali normal.

“Seluruh perjalanan KA yang melintas di jalur Mesigit–Surabaya Pasarturi telah beroperasi normal kembali. Pembatasan kecepatan sementara tetap diberlakukan sebagai langkah antisipasi sambil proses penyempurnaan prasarana terus dilakukan di titik yang sebelumnya terdampak,” jelas Luqman.

Setelah proses evakuasi, pemeriksaan rel, perbaikan sambungan rel, dan pengujian lintas, jalur dinyatakan aman dan siap dilintasi kembali oleh kereta api.

KAI Daop 8 Surabaya memberikan fasilitas pengembalian bea tiket (refund) sebesar 100 persen bagi pelanggan yang terdampak keterlambatan tinggi.

“Proses refund dapat dilakukan melalui loket stasiun online terdekat ataupun melalui Contact Center 121, maksimal hingga 7 hari kalender setelah jadwal keberangkatan. KAI juga memberikan layanan service recovery bagi pelanggan yang memilih tetap melanjutkan perjalanan,” pungkasnya. (ahm)

Jay Wijayanto

Recent Posts

Kebakaran di Belakang Aspol Pawiyatan Surabaya, 3 Warung dan 13 Motor Terbakar

Tiga stand warung semi permanen di Jalan Pawiyatan, Surabaya tepatnya belakang Aspol, terbakar, Sabtu (13/12)…

20 hours ago

Profesor Tanpa Gelar

DALAM sebuah momen yang berlangsung sederhana namun sarat makna, di ruang yang hangat dan penuh kekeluargaan,…

20 hours ago

Raperda Hunian Layak di Surabaya Masih Banyak Miss Persepsi, Aturan Rumah Kos Jadi Fokus

Raperda tentang hunian yang layak, yang mencakup kebijakan perencanaan, pengelolaan, tata ruang, dan keberlanjutan hunian…

23 hours ago

PWI Pusat Terbitkan Edaran Soal Rangkap Jabatan, Perpanjangan KTA dan Donasi Kemanusiaan Bencana Sumatera

PWI Pusat menerbitkan tiga Surat Edaran (SE) untuk seluruh anggota se-Indonesia, yakni SE tentang Rangkap…

24 hours ago

Copet Beraksi di Stasiun Surabaya Gubeng Lama, KAI Daop 8 Tingkatkan Keamanan Jelang Nataru

Masyarakat dihebohkan dengan video viral aksi pencopetan di Stasiun Surabaya Gubeng Lama, beberapa waktu lalu.…

1 day ago

Tim Gabungan Unair Bantu Operasi Korban Banjir di RSUD Aceh Tamiang, Begini Langkahnya

Tim gabungan Universitas Airlangga (Unair) yang terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Keperawatan,…

1 day ago

This website uses cookies.