Kepadatan penumpang meningkat selama libur Idul Adha di wilayah Daop 8 Surabaya. (Foto: Istimewa/KAI Daop 8 Surabaya)
METROTODAY, SURABAYA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatat lonjakan signifikan jumlah penumpang kereta api pada Kamis (5/6) menjelang Hari Raya Idul Adha 1446 H.
Antusiasme masyarakat untuk pulang kampung atau berlibur menggunakan moda transportasi kereta api terlihat jelas dari angka-angka yang terus bertambah.
Hingga pukul 10.00 WIB, tercatat 39.897 penumpang telah menggunakan jasa kereta api di wilayah Daop 8 Surabaya.
Dari jumlah tersebut, 22.776 penumpang berangkat dari berbagai stasiun, sementara 17.121 penumpang tiba di tujuan. Angka ini diprediksi akan terus melonjak mengingat masih banyak jadwal keberangkatan kereta jarak jauh hingga malam hari.
Luqman Arif, Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, mengungkapkan apresiasinya terhadap kepercayaan masyarakat yang terus memilih kereta api selama masa libur Idul Adha.
“Hingga Kamis pagi ini, lebih dari 128 ribu penumpang telah KAI layani, dan jumlahnya masih terus bertambah,” ujarnya.
Untuk mengakomodasi lonjakan penumpang ini, KAI Daop 8 Surabaya telah mengoperasikan 58 perjalanan kereta api jarak jauh setiap hari, yang terdiri dari 52 kereta reguler dan 6 kereta tambahan. Total kapasitas tempat duduk yang disediakan mencapai 29.830.
“KAI telah menyiagakan enam perjalanan KA tambahan serta menambah jumlah petugas di stasiun dan di atas kereta. Semua ini kami lakukan untuk memastikan pelayanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” jelas Luqman.
Data sementara volume penumpang di tiga stasiun utama Daop 8 Surabaya periode 5-9 Juni 2025 (data per 5 Juni pukul 10.00 WIB) menunjukkan kepadatan yang signifikan:
Secara keseluruhan, KAI Daop 8 Surabaya telah melayani 128.209 penumpang selama periode libur Idul Adha, dengan 64.077 penumpang naik dan 64.132 penumpang turun. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat hingga akhir masa libur.
Beberapa kereta api favorit yang menjadi pilihan penumpang selama libur Idul Adha antara lain KA Airlangga (Surabaya Pasarturi – Pasar Senen Jakarta), KA Ambarawa Ekspres (Surabaya Pasarturi – Semarang Poncol), KA Argo Wilis (Surabaya Gubeng – Bandung), KA Sancaka (Surabaya Gubeng – Yogyakarta), dan KA Probowangi (Surabaya Gubeng – Banyuwangi).
KAI mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan dengan baik dan membeli tiket melalui kanal resmi seperti aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, atau mitra penjualan resmi lainnya guna menghindari penipuan dan memastikan ketersediaan tempat duduk.
“KAI mengingatkan seluruh penumpang untuk hadir lebih awal di stasiun dan mematuhi arahan petugas demi kelancaran proses boarding. Terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang terus mempercayakan perjalanan liburannya kepada layanan kereta api,” pungkas Luqman. (ahm)
Tiga stand warung semi permanen di Jalan Pawiyatan, Surabaya tepatnya belakang Aspol, terbakar, Sabtu (13/12)…
DALAM sebuah momen yang berlangsung sederhana namun sarat makna, di ruang yang hangat dan penuh kekeluargaan,…
Raperda tentang hunian yang layak, yang mencakup kebijakan perencanaan, pengelolaan, tata ruang, dan keberlanjutan hunian…
PWI Pusat menerbitkan tiga Surat Edaran (SE) untuk seluruh anggota se-Indonesia, yakni SE tentang Rangkap…
Masyarakat dihebohkan dengan video viral aksi pencopetan di Stasiun Surabaya Gubeng Lama, beberapa waktu lalu.…
Tim gabungan Universitas Airlangga (Unair) yang terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Keperawatan,…
This website uses cookies.