Categories: Bisnis

KAI Daop 8 Surabaya Catat Lonjakan Penumpang di Libur Maulid, Rute Jakarta Jadi Favorit

METROTODAY, SURABAYA – PT KAI Daop 8 Surabaya mencatat peningkatan signifikan jumlah penumpang selama libur panjang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Pada Jumat (5/9), tercatat sebanyak 38.786 penumpang telah menggunakan layanan kereta api di wilayah Daop 8 Surabaya, dengan rincian 18.557 penumpang naik dan 20.229 penumpang turun.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api menunjukkan bahwa masyarakat semakin percaya dan nyaman dengan moda transportasi ini.

“Tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api menunjukkan bahwa masyarakat semakin percaya dan nyaman dengan moda transportasi ini,” ujar Luqman.

Secara kumulatif, pada periode 4–7 September, tercatat sebanyak 138.657 penumpang kereta api di wilayah Daop 8 Surabaya, dengan rincian 69.814 penumpang naik dan 68.843 penumpang turun.

“Puncak arus penumpang diperkirakan terjadi pada 4 September, dengan peningkatan signifikan jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 24.129 penumpang, dan datang sebanyak 18.397 penumpang di berbagai stasiun wilayah Daop 8 Surabaya,” ujarnya.

Sebagian besar pelanggan memilih destinasi favorit seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Banyuwangi.

Sementara itu, kereta api jarak jauh yang menjadi primadona masyarakat antara lain KA Airlangga (Surabaya Pasarturi–Pasar Senen Jakarta), KA Probowangi (Surabaya Gubeng–Banyuwangi), KA Jayabaya (Malang–Pasar Senen Jakarta), KA Sancaka (Surabaya Gubeng–Yogyakarta), dan KA Tawangalun (Malang–Ketapang).

“Selama periode tersebut, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan total 56 perjalanan KA per hari dengan kapasitas mencapai 29.197 tempat duduk, dari 52 perjalanan KA reguler yang tersedia setiap harinya. Paling banyak (tujuan, Red) Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Banyuwangi,” tutur Luqman.

KAI mengingatkan agar masyarakat membeli tiket hanya melalui saluran resmi untuk menghindari percaloan.

Penumpang juga disarankan datang lebih awal ke stasiun agar perjalanan berjalan lancar dan nyaman.

Selama periode angkutan libur panjang, KAI memastikan seluruh aspek operasional dan pelayanan berjalan optimal.

Petugas di stasiun maupun di atas kereta selalu siaga untuk menjaga kenyamanan serta keselamatan penumpang. (ahm)

Jay Wijayanto

Recent Posts

Gubernur Aceh Mualem Terima Tim Relawan Unesa: Bantuan Kesehatan, Psikososial, dan Beasiswa Korban Banjir

Tim relawan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang terdiri dari dokter, perawat, psikolog, konselor, dan ahli…

13 minutes ago

Kebakaran di Belakang Aspol Pawiyatan Surabaya, 3 Warung dan 13 Motor Terbakar

Tiga stand warung semi permanen di Jalan Pawiyatan, Surabaya tepatnya belakang Aspol, terbakar, Sabtu (13/12)…

1 day ago

Profesor Tanpa Gelar

DALAM sebuah momen yang berlangsung sederhana namun sarat makna, di ruang yang hangat dan penuh kekeluargaan,…

1 day ago

Raperda Hunian Layak di Surabaya Masih Banyak Miss Persepsi, Aturan Rumah Kos Jadi Fokus

Raperda tentang hunian yang layak, yang mencakup kebijakan perencanaan, pengelolaan, tata ruang, dan keberlanjutan hunian…

1 day ago

PWI Pusat Terbitkan Edaran Soal Rangkap Jabatan, Perpanjangan KTA dan Donasi Kemanusiaan Bencana Sumatera

PWI Pusat menerbitkan tiga Surat Edaran (SE) untuk seluruh anggota se-Indonesia, yakni SE tentang Rangkap…

1 day ago

Copet Beraksi di Stasiun Surabaya Gubeng Lama, KAI Daop 8 Tingkatkan Keamanan Jelang Nataru

Masyarakat dihebohkan dengan video viral aksi pencopetan di Stasiun Surabaya Gubeng Lama, beberapa waktu lalu.…

1 day ago

This website uses cookies.