Categories: Sidoarjo

Wabup Sidoarjo Mimik Idayana Ingatkan Petugas Layanan Adminduk agar Ramah Layani Masyarakat

METROTODAY, SIDOARJO – Pelayanan prima sangat membutuhkan sumber daya manusia SDM) yang andal. Pemkab Sidoarjo terus meningkatkan kualitas SDM petugas pengelola pelayanan adminduk (administrasi kependudukan) di seluruh kecamatan, desa, dan kelurahan.

Pelayanan administrasi kependudukan di seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo diharapkan berjalan baik dan maksimal dalam memberikan pelayanan.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sidoarjo mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas petugas. Digelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kapasitas Pengelola Pelayanan Adminduk 2025 di aula kantor Badan Kepegawaian (BKD) Sidoarjo. Bimtek yang digelar mulai tanggal 16-19 Juni 2025 tersebut dibuka Wakil Bupati Sidoarjo Hj Mimik Idayana Senin (16/6/2025).

Wakil Bupati Sidoarjo Mimik Idayana berharap, lewat bimtek tersebut, integritas dan profesionalisme mereka akan meningkat. Dia meminta petugas pengelola pelayanan adminduk dapat melayani masyarakat dengan baik.

Pelayanan ramah dengan senyum harus dihadirkan. Jangan sampai menampakkan wajah sinis saat melayani masyarakat. Apalagi mempersulit warga yang ingin mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan.

”Jangan mempersulit warga Sidoarjo yang ingin mengurus adminsitasi kependudukan dengan alasan wifi-nya lemot, blangko KTP habis,” pesan Wabup Mimik Idayana.

Mimik Idayana sendiri masih mendengar adanya laporan kualitas pelayanan di kantor kecamatan, desa, dan kelurahan. Ada warga yang mengeluh saat mengurus administrasi kependudukan. Dia

berharap keluhan-keluhan warga seperti itu sudah tidak lagi terjadi.

Untuk itu profesionalisme petugas pengelola pelayanan Adminduk harus ditunjukkan dalam melayani masyarakat. Dia akan mengecek langsung pelayanan petugas adminduk di setiap kecamatan.

”Saya nanti akan turun. Saya akan pakai masker dan kacamata,” ucapnya.

Wabup Mimik Idayana meminta masyarakat segera melapor jika ada permasalahan seperti itu. Semisal jika blangko e-KTP yang habis. Ia akan upayakan untuk mendapatkannya dari pemerintah pusat.

Namun, ia meminta petugas pengelola pelayanan adminduk tetap maksimal dalam melayani masyarakat. Sampaikan dengan baik kepada warga jika memang ada kekosongan blangko.

”Kasih senyuman. Sampaikan permohonan maaf jika blangko lagi kosong. Nanti saya kasi surat atau telepon panjenengan kalau blangko sudah datang,” ucapnya. (MT)

Eros Muhammad

Recent Posts

Kebakaran di Belakang Aspol Pawiyatan Surabaya, 3 Warung dan 13 Motor Terbakar

Tiga stand warung semi permanen di Jalan Pawiyatan, Surabaya tepatnya belakang Aspol, terbakar, Sabtu (13/12)…

20 hours ago

Profesor Tanpa Gelar

DALAM sebuah momen yang berlangsung sederhana namun sarat makna, di ruang yang hangat dan penuh kekeluargaan,…

20 hours ago

Raperda Hunian Layak di Surabaya Masih Banyak Miss Persepsi, Aturan Rumah Kos Jadi Fokus

Raperda tentang hunian yang layak, yang mencakup kebijakan perencanaan, pengelolaan, tata ruang, dan keberlanjutan hunian…

24 hours ago

PWI Pusat Terbitkan Edaran Soal Rangkap Jabatan, Perpanjangan KTA dan Donasi Kemanusiaan Bencana Sumatera

PWI Pusat menerbitkan tiga Surat Edaran (SE) untuk seluruh anggota se-Indonesia, yakni SE tentang Rangkap…

24 hours ago

Copet Beraksi di Stasiun Surabaya Gubeng Lama, KAI Daop 8 Tingkatkan Keamanan Jelang Nataru

Masyarakat dihebohkan dengan video viral aksi pencopetan di Stasiun Surabaya Gubeng Lama, beberapa waktu lalu.…

1 day ago

Tim Gabungan Unair Bantu Operasi Korban Banjir di RSUD Aceh Tamiang, Begini Langkahnya

Tim gabungan Universitas Airlangga (Unair) yang terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Keperawatan,…

1 day ago

This website uses cookies.